Thursday, December 3, 2009

IPUNG

I P U N G -- Prie GS

Penerbit Republika – 2008


Prie Gs, motivator, budayawan, “kiai” Dewan Pendiri pesantren Basmala, disamping penulis buku laris

Hidup Bukan Hanya urusan Perut “

Menarik..!!. novel ini bercerita tentang dunia percintaan remaja, dengan tokoh yang berpribadian unik dan kocak.. Walaupun ini bukan fiksi cinta islami seperti yang biasa di tulis oleh Helvy Tiana Rosa dan Asma Nadia, namun masih memperhatikan etika sosial serta kepekaan sosial dan kalau boleh meminjam istilah Kang Abik ... “Cerdas Bercinta “. Nah lho apaan tuh .??..... “ baca ndiri ...biar seruuu ...yeee.”.


IPUNG ingat pesan pamannya ,..” Wanita memang suka bikin bahagia. Tapi ingat atur waktunya. “ Masih banyak persoalan hidup yang lebih besar ketimbang sekadar wanita. Memang ngga salah kalau beliau berucap begitu karena tingginya harapan yang digantungkan di pundak IPUNG dan kerasnya kehidupan ini. Sang paman sangat berharap IPUNG bisa merubah nasib yang terpuruk selama ini.

Walaupun berbeda 180 derajat dengan teman-temannya secara ekonomi dan gaya hidup namun Ipung teteup yakin.dan percaya diri ” Soedirman itu jendral, Soeharto juga jendral. Keduanya dari desa. Soekarno itu presiden, SBY juga presiden. Keduanya juga dari desa. Mereka semuanya asal dari desa. Kesimpulannya, semua orang hebat adalah Wong Ndeso. Jadi ngga ada alasan juga bagi IPUNG untuk minder dengan keadaan ini

Makanya jangan minder, meskipun kamu wong Ndeso..( tukul maksudnyaaa ...qi...qi....qi)

Topiknya sederhana namun, gaya bahasa Kang Prie yang kocak, khas dan sarat makna ini membuat kita tersenyum-senyum membaca goresannnya serta mengangguk-angguk pertanda setuju .... ( 2hit)


No comments: